Posted in Curhat Author

[!!!] Read This and Try to Understand

Dear, readers.

There are something I want to tell you.

 

 

 

Aloha, para readers yang sangat-sangat lovely❤ Apa kabar? Semoga semuanya sehat-sehat aja ya🙂

/menghela napas/ Oke, mari kita mulai. Maaf ya blog ini kurang aktif belakangan ini. Gak ada post-an ff dan banyak komen yang belum sempat dibalesin. Maaf banget, tugasku menggunung dan kebetulan agak-agaknya tubuhku beraroma (?) writer block. Jadi, ya begini jadinya😦

Eumm, singkat aja aku mau berterima kasih untuk para reader lama dan reader baru yang menyempatkan diri mampir ke sini. Seriously, aku selalu dapet notif di email lewat hape, entah pagi entah malem dan gak membalas komen itu bukan berarti aku gak baca komen kalian. Aku baca kok🙂 DAN AKU SENENG DAPET ITU EHEHEHE😄 dan karena kebiasaan menumpuk membalas komen dengan mengatakan ‘besok, besok, besok dan BESOK’ pada akhirnya ya begitu, sama seperti tugasku yang setinggi gunung everest T_T

Dan sebenernya ada beberapa point yang pengen aku sampein, udah agak lama. Tapi tau kan aku suka menunda-nunda heuheu :”(

 

Dan inilah point-point itu:

 

1. Silent readers, am I bothering you?

Aduh, gimana ya bilangnya (hahaha bingung sendiri) Sebenernya aku adalah penulis yang paling santai dalam soal komen berkomen. Aku punya prinsip “DO WHATEVER YOU WANT” dan aku membiarkan orang punya prinsip kayak gitu. “Read if you want to read it”, “Write comment if you want to write it all”, “leave if you want to leave”.

Intinya, aku tidak pernah memaksa para pembaca untuk meninggalkan komen kalau memang mereka tidak mau. Tapi (yeah, selalu ada ‘tapi’) it’s almost unbearable to see the stats on wordpress doesn’t get along with the comments. Rasionya tuh 1:20 (maksudnya 1 komen mewakili 20 pembaca). I think it’s funny to see hahaha xD ya gapapa sih, tapi agak bingung aja. Mungkinkah statistic dengan jumlah yang seperti itu mengandung (?) pembaca yang pas baca dan bilang ini gak seru dan berhenti ditengah jalan, terus pergi gitu aja? SERIOUSLY, aku lebih menghargai orang yang seperti itu hahaha sorry, not sorry.

Atau aku berpikir positif bahwa ada beberapa atau BANYAK orang yang baca lewat hape dan susah untuk komen. Oke, yang ini juga gapapa🙂

Dan sebenernya, writing prompts itu menurutku sudah cukup menjadi bahan bacaan untuk para silent reader. Tidak ada kotak komen kan, you can read and go. DAN TERIMA KASIH YANG UDAH MAU KOMEN LEWAT TWITTER, terima kasih banyak ya :3

Dan entahlah, I think I wanna go back to the past di mana komen dan stats berjalan seirama(?) walaupun hanya segelintir doang. Dulu aku emang nerima komen dari dia dia dia dan dia aja, tapi entah mengapa itu terasa seperti lebih dihargai ehehehe, tapi yeah, aku tetap menghargai orang-orang yang sudah mau mampir ke sini. TERIMA KASIH \(^.^)/ *tebar helaian rambut Baekhyun*

 

2. Reblog my fanfiction YES! Copy and Paste NO! Plagiat PLEASE, DON’T!

Mungkinkah ini salahku gak membuat rules seperti blog-blog lainnya? Konsep blog ini sebenernya sederhana aja sih, aku cuma pengen orang seneng main ke sini dan baca semua fanfic di sini dengan senang hati. Tapi sepertinya orang-orang makin ke sini makin menyepelekan heuheu😦

Pertama-tama, aku mau ngucapin makasih sama beberapa orang yang reblog dari sini atau dari IFK. TERIMA KASIH BANGET ;;;; I appreciate that🙂

Kedua, ini yang sebenernya jadi masalah—aku menemukan ada beberapa orang yang meng-copy paste fic-ku di blog lain, juga di facebook. That’s pretty okay kalo kalian bilang terlebih dahulu sama aku. Tapi sayangnya hanya ada beberapa orang yang punya manner seperti itu. Kalau di copy paste pake ada nama authornya sih masih oke, eh tapi terkadang ada loh yang enggak pake (aduh aku sedih).

Tapi (ada ‘tapi’-nya lagi), yang membuat aku terharu adalah ada beberapa pembaca di sana yang semacam menyebar kebenaran gitu. Kayak komen: “eh ini kan udh pernah di post di hangukffindo.” Atau “harusnya jangan di copy paste.” Diberkatilah kalian yang udah seperti itu ;;;A;;; seenggaknya, masih ada yang concern. MAKASIH YA, MAKASIH LOH😄 aku gabisa kasih apa-apa, tapi Cuma bisa bilang makasih ;;;

DAN TENTANG PLAGIATOR…please, don’t do this to me :”(

kena beberapa kali masalah ini and start get tired of this. Ada yang plagiatin fic Baekyeol-ku, Abob ditranslate seenaknya, fic After (yg adaptasi dari conjuring) itu juga ada yang plagiatin, dan masih ada beberapa yang…ya, yaudah lah ya. Aku sebenernya bukan a whiny writer—yang suka protes sana sini di twitter tentang semua ini, err, buat apalah. Tapi tolong hargai karya orang lain. Kalau ada yang beranggapan “kalo diplagiatin berarti bagus karyanya”. Eumm can I call this a ‘BIG BULLSHIT’?? trust me, orang mana yang suka karyanya dijiplak dan bangga akan hal itu. No, you might be crazy, pals. Because I’m officially hate it.

TAPI (ada terus ya ‘tapi’ ini hahaha), aku bakalan gak tau semua kasus ini kalo gak ada pembaca yang bilang ini sama aku. Sekali lagi bilang apa? /nyodorin mic ke penonton/ MA-KA-SIH YAAAAAAA!!!❤❤❤ MAKASIH BANGET! HAHAHAHA a big heart for youuuu❤❤❤ a big heart for all of amazing whistle blowers!! (read: whistle blowers itu kalo di perusahaan adalah orang-orang yang membocorkan masalah ke pihak-pihak tertentu ehehehe).

 

3. FIRST AND THE LAST WARNING!

Aku bukannya mengancam, tapi kalau kayak gini caranya, rasanya cukup fair untuk kita semua. Kalo masih banyak terjadi plagiat dan copy-paste di tempat lain, seriously, aku akan kunci beberapa fic di sini AND I WON’T GIVE YOU THE PASSWORD. Take a note, because I’m really serious right now.

 

4. Forgive me if I do some mistakes (>.<), but I do write whatever I want to write!

Nah, ini juga sebenernya udah dari lama pengen aku sampein, tapi sepertinya sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengungkapkannya ehehehe xD

Sebenernya, aku punya kesulitan dengan berpegang pada prinsip “WRITE WHATEVER YOU WANT”. Gini lho, aku terkadang lupa atau mungkin sengaja menyingkirkan kenyataan bahwa aku punya pembaca. Aku punya pembaca (okay) dan segala yang aku tulis dan dipost di sini pasti ada yang baca HAHAHAHAHAHAHAAAKUBINGUNGJADINYA!! Dan kalian taulah pasti, aku author yang suka nulis seenaknya. EYD gak diperhatiin, asal nulis alurnya berantakan. Asal apa yang terlihat dimataku enak yaudah that’s pretty okay.

Dan jujur, aku juga pengen bisa nulis serapih dan sebagus author lain dan aku gak bangga akan kekurangan ini😦 (INI SEDIH BANGET YALUHAN!)

Tapi (halo ‘tapi’ kita bertemu lagi ehehehe) see…ada pembaca yang membaca. Dan tidak semua yang terlihat di mataku itu bagus untuk orang lain.

I want to ignore and pretend to not know what’s going on, but I have two eyes and a heart to feel. So, yeah, how can I pretend? Although, I’m a good pretender, to be honest.

Jadi, maafkan untuk segala kesalahan dalam teknik menulis atau alur cerita yang tidak sesuai dengan keinginan kalian. Atau tulisan yang sedikit rated-nya M, like really…I’m twenty years old and it’s possible to write something like that. And I just want to breakdown my philosophy on writing. Here you are:

 

Write whatever you want to write

If it’s not good enough, let it

If it’s not funny enough to make people laugh, keep going

If it’s not sad enough to make people cry, just keep trying

If it’s not pretty enough to make people happy, just keep write it down

Because in writing, you don’t have to impress anybody

You just want to tell a story

 

Ya, kurang lebih begitu (gangerti kalo itu grammar-nya parah). Jadi…aku selalu bilang sama orang-orang, “don’t expect too much” because I’m not the one who can fulfill your desire and expectation. Tapi, beneran deh ada beberapa kritik membangun yang bener-bener jadi pembelajaran. Aku bukannya sok pinter dan merasa paling bener. Aku selalu mengakui banyak kesalahan yang terjadi dalam penulisan dan trust me, aku gak pernah merasa payah kalau ada komen sedikit pedes kayak snack maicih(?). Aku pasti akan nerima itu sebagai masukan yang baik🙂 jadi terima kasih ya yang udah komen koreksi ehehehe xD

Dan sebenernya, ada banyak projek menulis yang terbengkalai, TAPI (aku cinta pada kata ‘tapi’ ini <3) aku GAK BISA BILANG bahwa I WILL GIVE UP ON ABOB!! NOOO, NOOO! I WON’T GIVE UP…ON…US, EVEN IF THE SKIES GET ROUGH~ *tiba-tiba Jason Mraz nyanyi di sampingku*

So, please wait and do support me :3

 

5. This December will be oh-so-cold. Hangukffindo is so so sooo cold without any fanfiction.

Walaupun aku kuliah dan kebanyakan kalian adalah anak SMP dan SMA, marilah kita pukul rata dan menerima kenyataan bahwa di bulan ini tugas akhir menumpuk dan….UAS ADA UAS YALUHAN!! Ada apa di bulan desember ini? /nyodorin mic ke penonton/ ADA UAS, KAKAK!!! T___T *lalu kita nangis bareng-bareng*

Ya, gapapa ya. Tetap semangat hap hap hap! Kita pasti bisa melewati ini semua. Tenang aja ehehehe xD Semangat ya belajarnya, jangan kebanyakan fangirling, tapi kalo udah selesai belajar…ya gapapa kalo mau fangirling. Ato boleh naro foto oppa di depan meja sambil belajar, ya mungkin bisa menambah semangat ahahahaha (kalo aku sih enggak bisa kayak gitu xD).

Jadi, mungkin desember ini blog hangukffindo akan sangat sepi dari fanfiction. Kalo ada drabble-drabble asing(?) yang masuk pun itu berarti sangat super  aku bisa nulis ditengah kesibukan yang menggila. Jadi, haruskah aku katakan…sampai jumpa taun depan? (ADUH KESANNYA KOK LAMA BANGET YA!) tenang, cuma satu bulan kok. Ehehehe xD

Dan aku pastikan, di tahun yang baru…Hangukffindo akan lebih baik dari yang sebelumnya. promise to you ._.v

 

6. THANKSEUUUUU~❤ (>.<) (^.^) (*O*)❤

Yaps, ternyata jika kalian membaca benar-benar dan menyadari bahwa semua keluhan dan curhatan tentang menulis ini sebenarnya selalu diakhiri dengan kata terima kasih.

Menemukan banyak silent readers, aku bilang makasih masih ada yang mau baca. Di copy-paste dan di plagiatin, aku masih bilang makasih untuk yang udh ngasih tau. Menemukan orang kecewa akan fanfic-ku, aku pun masih bersyukur mereka mau baca fanfic-ku dan menyempatkan diri untuk komen.

Jadi…kesimpulannya adalah… /nyodorin mic ke Baekhyun/ GAMSAHAMNIDA! SEMUANYA HARUS DISYUKURI😄 Percaya deh, gak akan ada habis-habisnya bilang makasih ke semua orang yang baca fanfic-ku dan berteman sama aku, bahkan di antaranya ada beberapa yang udah jadi temen deket dan mereka juga seorang penulis super kece dan ada juga pembaca yang lucu sampe nulis komen pun unik banget dan di twitter dia suka ngelucu xD

Walaupun menulis fanfic ada suka dukanya, percayalah, aku lebih banyak menerima yang manis daripada yang pahitnya ehehehe xD

THANKSEU THANKSEU THANKSEUUU~~

 

P.S: maaf ya kalo aku sampe nulis seperti ini. Sebenernya aku gak pengen, tapi you know, terkadang aku perlu juga mencurahkan isi hati. Dan kalo merasa tersinggung, well, berarti mungkin kamu adalah orang yang punya masalah denganku di point……/yak, isi sendiri aja ya/

So, thankseu thankseu and sorry sorry. Love love you so much!❤ See ya

 

KAISOO GIF FOR YOU❤❤❤

Penulis:

A Ridiculous Writer :)